Kuda Besi: Kumpulan Dongeng dan Fantasi Anak bersama Birokreasi

Surat Edaran
Nomor      : SE-02/Birokreasi/2013
Perihal      : Pedoman Mengenai Kuda Besi
Lampiran :  —

kudabesi--05-04

[dropcap]S[/dropcap]ang kakak adalah anak laki-laki yang gagah dan suka bertualang di alam raya. Desa utara asalnya. Ia berangan-angan bisa menaklukkan semua samudra dunia. Saat ia menatap lautan lepas dari pantai kampungnya, bola matanya berbinar terang laksana pijar pelita dalam gua. Dadanya ditepak keras-keras. Mulutnya merapal tekad bulat. Ia tak gentar dengan apa saja, bahkan jika lautan mahaluas sana punya banyak rupa-rupa raksasa atau binatang-binatang yang tak jelas rimbanya, juga semak-semak beronak tajam yang menghambat perjalanannya. Kepada adiknya yang sejak awal mendengarkan ocehan-ocehannya tentang samudra, ia berkata.

Duk duk duk suara entakan kaki Sinbad.

Ia suka memutar-mutarkan kemudi kapal.

Dia saja jadi orang paling keren seabad.

Apalagi aku, kapal bocor pun bisa kutambal!

Dengan tekad besar punya sang kakak, adiknya lama kelamaan gatal juga. Merasa lautan sudah hampir pasti dikuasai sang kakak, ia menembak langit sebagai tujuan. Dibelinya satu-dua butiran kacang dari pasar belakang perumahan. Lantas kacang-kacangnya ditanam di halaman rumah. Disiramlah kacang-kacangnya setiap hari. Ia punya harapan supaya kelak, sulurnya akan berkembang menjulang sampai awan, sehingga bisa mengantarkannya mendatangi pesta dalam istana raksasa atas sana. Ia berdendang lantang-lantang.

Siram-siram setiap hari biji kacang

Pupuk-pupuk, biji kacang juga butuh makan

Semoga sulurnya tumbuh menjulang

Agar aku bisa memanjat ke awan.

Tak disangka-sangka, tak lama kemudian tanaman kacang miliknya berbunga, lantas berbuah dengan rupa yang tak biasa. Bentuknya serupa dengan gerabah. Kakak memetiknya. Adik penasaran mau pegang, tapi kakak melarang. Dibelahnya buah gerabah jadi dua. Dalamnya ada selembar kertas. Kakak menariknya keluar. Dibuka gulungannya. Mereka bergegas masuk rumah, tak sabar menunjukkannya pada ayah. Mereka mendesak ayah agar segera berperan serta karena beginilah pesan dalam suratnya.

Kami, Birokreasi, mengajak handai tolan sekalian agar berperan serta bernostalgia bersama lewat kisah-kisah dongeng atau fantasi, seperti pada masa kanak-kanak kita dahulu, lewat sebuah pesta sederhana yang kami kasih nama KUDA BESI: Kumpulan dongeng dan fantasi anak, bersama Birokreasi.

Adapun lewat KUDA BESI, kami mengajak handai tolan sekalian, agar menuliskan sebuah cerita anak-anak, dongeng atau fantasi, yang mengindahkan kriteria-kriteria di bawah ini:

  1. Konten cerita, plot, dan pesan moral cocok untuk anak dengan rentang umur 5-10 tahun;
  2. Mengandung 700-1.000 kata;
  3. Bebas dari unsur kesadisan atau kebrutalan, kekerasan verbal, seks, dan menyinggung SARA.
  4. Ilustrasi yang berhubungan dengan cerita menjadi nilai tambah yang akan dipertimbangkan dalam proses seleksi tanpa mengurangi keutamaan ketiga poin sebelumnya.
  5. Tips menulis dongeng dan fantasi bisa dibaca di postingan Menggoreng Dongeng, Menanak Imajinasi – Bag. I dan Bag. II di birokreasi.com.
  6. Follow twitter kami @birokreasi atau add Gtalk kami di birokreasi@gmail.com untuk bertanya.

Agar karnaval ini semakin meriah, kami berencana membukukan naskah-naskah pilihan, menjadi sebuah kumpulan dongeng dan fantasi anak-anak. Karenanya, bagi handai tolan yang sekiranya berminat berperan serta dalam acara KUDA BESI, selanjutnya kami sampaikan aturan main yang harus diperhatikan dengan saksama.

Ketentuan Umum:

  1. Naskah dilampirkan melalui email dan dikirim ke alamat kudabesi@birokreasi.com dengan subjek Kuda Besi. Identitas berupa nama dan tanggal lahir tertulis di dalam naskah. Nama naskah berformat: Nama – Judul.
  2. Peserta akan mendapatkan ID Peserta yang harus didaftarkan dalam formulir yang link-nya akan dikirimkan bersama dengan ID tersebut melalui email balasan kemudian wajib mengisinya.
  3. Peserta boleh mengirim lebih dari satu naskah.
  4. Peserta yang mengirimkan karya kedua, ketiga, dan seterusnya cukup menyebutkan ID miliknya di kolom subjek email dan mendaftarkan karyanya di formulir yang sama.
  5. Batas akhir penerimaan naskah tanggal 30 November 2013.
  6. Naskah merupakan karya asli, bukan saduran atau terjemahan, dan tidak mengambil cerita dari yang sudah ada sebelumnya.
  7. Naskah yang sudah dipublikasikan di blog atau pun yang sedang diikutsertakan dalam lomba lain tidak boleh diikutsertakan.
  8. Naskah yang diikutsertakan dilarang dipublikasikan di media apa pun. Pelanggar akan didiskualifikasi.

 Ketentuan Khusus:

finger puppet

  1. Jadilah 15 orang pertama yang mengirimkan naskahnya untuk mendapatkan hadiah langsung masing-masing berupa 5 buah finger puppet senilai Rp60.000.
  2. Setelah mengirimkan karya sendiri, ajak teman-temanmu untuk ikut. Bila berhasil mengajak 5 orang untuk ikut mengirimkan dongeng dan fantasi anak sampai tanggal 31 Oktober 2013, kamu berhak mendapatkan hadiah langsung berupa bantal leher senilai Rp35.000. Ingatlah untuk mendaftarkan teman-temanmu yang berhasil diajak dengan formulir yang sama seperti formulir saat pendaftaran pertama.

bantal leher 4

Pengumuman dan Hadiah:

1. Sebanyak 12 naskah yang terpilih untuk dibukukan akan diumumkan tanggal 12 Desember 2013 melalui situs birokreasi.com. Kedua belas naskah terpilih tersebut akan masuk proses revisi seperti proses kepenulisan di penerbit besar apabila dibutuhkan.

2. Pengumuman pemenang 25 Desember 2013.

3. Hadiah:

  • Juara 1 berhak memilih 5 buku,
  • Juara 2 berhak memilih 3 buku,
  • Juara 3 berhak memilih 2 buku, dan birokreasi yang akan membelikannya.
  • Setiap penulis yang karyanya masuk dalam antologi akan mendapatkan 1 (satu) eksemplar KUDA BESI: Kumpulan Dongeng dan Fantasi Anak, bersama Birokreasi yang berisikan 12 tulisan dari peserta.

4. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
5. Peluncuran buku tanggal 1 Februari 2014 dan bisa diundur paling lambat tanggal 28 Februari 2014 apabila ada kendala. Buku diterbitkan dan disebarluaskan secara independent, tidak melalui penerbit atau distributor.
6. Seluruh keuntungan penjualan buku akan disumbangkan ke Yayasan Sayap Ibu di Yogyakarta.

Kami yakin, khayalan-khayalan bukan sekali dua terbesit di pikiran kita pada masa kanak-kanak. Berlayar laksana Sinbad, terbang menunggang naga, atau bertempur melawan penyihir jahat adalah mimpi masa kecil yang sering hilir mudik dalam imajinasi kita. Kerapnya mendapat pasokan cerita-cerita khayalan, fantasi, atau dongeng macam itu –baik lewat pendidikan di sekolah, siaran televisi, maupun kisah yang didongengkan ibu sebelum tidur— jelas telah ikut berandil atas berwarna-warninya kehidupan masa kecil kita. Dan kita layak berterima kasih atas hal tersebut.

Harapan kami dengan diadakannya acara KUDA BESI ini sebenarnya sederhana saja: ingin menyemarakkan dunia literasi anak, secara umum, serta menambah warna warni dalam kehidupan anak-anak pada zaman sekarang, yang kebanyakan lebih asyik dengan aneka rupa gadget, serta mulai berpaling dari dunia literasi.

Namun, kami sadar, hal tersebut tentu tidak akan dengan mudah dicapai jika kami hanya berjalan sendiri. Dibutuhkan partisipasi dan atensi dari handai tolan untuk menyemarakkan serta menyukseskan kegiatan ini. Karenanya, teruntuk handai tolan sekalian, ayo siapkan kuda besimu dari sekarang! kita berparade bersama untuk mereka, anak-anak Indonesia.

 

Lapangan pacu Kuda Besi, 1 Oktober 2013

Birokreasi

  • http://septiarumlila.blogspot.com lila

    Saya kebetulan guru kelas 1 SD sgt mendukung acara ini dan insyaAllah akan mgirimkan naskah dongeng jg utk turut berpartisipasi.. :))